B.
Tujuan :
1. Mengetahui
cara pembuatan Maket Rumah Tematik berkarakter
2. Menumbuhkan
minat siswa belajar.
3. Memberikan
rasa senang pada saat belajar.
C.
KD
D.
Manfaat
Adapun manfaat yang
dapat diterima adalah:
1.
Bagi
siswa
a.
Meningkatkan
motivasi siswa dalam pembelajaran Tematik.
b.
Sebagai masukan positif dalam meningkatkan hasil
belajar.
c.
Sebagai alternatif meningkatkan cara berfikir logis, kritis, dan kreatif siswa belajar dan mengaktifkan seluruh
siswa dalam pembelajaran
d.
Multi
Fungsi
e.
Mudah
digunakan
2. Bagi guru
a.
Sebagai media utama untuk mengajar materi tematik
b.
Memberikan
pengetahuan tentang media yang bervariasi dalam meningkatkan pembelajaran di
kelas.
3. Bagi Lembaga
a.
Sebagai masukan positif bagi praktisi pendidikan dan seluruh pihak yang
berkompeten dalam mengembangkan kurikulum te di SLBmatik.
E.
Deskripsi
Produk
Maket rumah
tematik berkarakter merupakan tiruan bentuk rumah yang diminiaturkan dan
dirancang berdasarkan tema dalam pembelajaran, dalam satu maket dapat memuat
empat atau lebih pembelajaran yang berkarakter yang mengunakan pendektan
tematik dan khusus pada satu sisi digunakan untuk terapi bagi anak tunarunggu.
Terbuat dari bahan bekas dan mudah didapat.
Nilai-Nilai Karakter
Sesuai dengan Pedoman integrasi
pendidikan karakter dalam pembelajaran bagi peserta didik tunarungu di Sekolah
Pertama Luar Biasa. Kemendikbud. Dirjen
Dikdas Derektorat Pembinaan PK dan LK Dikdas 2012, bahwa pembentukan
karakter dilakukan dengan kegiatan yang dimulai dari
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi yang tertuan dalam Rencana
Pelaksanaan Pembelajarn yang disertai dengan latihan dan pembiasaan dalam
kehidupan sehari-hari. Ruang lingkupnya adalah : religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, komunikatif,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung
jawab.
Cara
Membuat Maket Rumah Tematik Berkarakter
Alat dan bahan
a. Alat
:adapun alat yang dibutuhkan adalah:
1. Rol
besi
2. Kater
3. Pensil
4. gunting
b. Bahan
:
1. Plastik
akrilik bekas
2. Karton
bekas
3. Lem
4. Selotip/doble
tip
5. Pita
6. Kaca
7. Kartu
huruf, angka, gambar, kartu kata
Langkah-langkah pembuatan
maket rumah tematik berkarakter
1. Potonglah plastic akrilik bekas sesuai ukuran yaitu 38
X30 cm masing-masing 2 pasang
2. Potonglah
plastic akrilik benbentu segitiga (untuk atap rumah
3. Satukan
pola tersebut hingga membentuk pola rumah dengan menggunakan lem
4. Guntinglah
kartu huruf angka serta kartu kata pada posisi yang telah ditentukan, serta
temple cermin pada dinding belakang rumah
5. Pasang
pita pada setiap rusuk bagian rumah
s
6. Letakan
rumah diatas alasnya bagian belakang biki bak tempat pasir
7. Pasangkan
kapas diatas atap belakang
8. Halaman
depan letakan tempat sampah kecil dan berikata-kata karakter
9. Beri
bentuk lingkaran, segi tiga dan segi empat untuk hiasan halaman.
10. Hasil
akhir maket rumah tematik dilihat dari beberapa sisi :
F.
Penggunaan
Alat Peraga
Alat ini digunakan untuk media
pembelajaran Tematik
G.
PENUTUP
Simpulan
:
1.
Maket
Rumah Tematik Berkarakter merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk
satu tahun pelajaran karena bisa dibongkar pasang sesuai tema dan materi
pembelajaran
2.
Media
ini member nilai tambang yaitu bias sebagai media terapi untuk anak tunarunggu.
3.
Memberi
nilai positif karena mengandung karakter yang akan ditanamkan pada anak.
4.
Pembuatan
media ini tidak membutuhkan biaya yang
mahal, praktis digunakan dan tahan lama.
Saran
1.
Media
ini bias dikembangkan menurut kebutuhan, seperti untuk terapi tinggal bagai man
kita merancangnya
2.
Sebaiknya
pengaturan materi sesuai dengan tema yang diberikan.
- Simpulan
- Pembuatan blog berkarakter mudah dan tidak memakan banyak biaya
- Dapat disetting sesuai kebutuhan, tujuan dan manfaat blog
- Mudah digunakan dalam pembelajaranu dalam pembelajaran
- Menghemat wakt
- Saran
- Sebelum membuat blog hendaknya memperhatikan tujuan, manfaat dan
kebutuhan blog
- Blog berkarakter juga dapat dikembangkan untuk materi yang lain
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas
Dirjen Manajemen Diknas dan Dikmen Derektorat pembinaan SLB, 2006, ”Standar Isi dan Standar Kompentensi
Kelulusan dan Panduan Penyusunan KTSP Tunarungu”.
Depdiknas
Dirjen Manajemen Diknas dan Dikmen Derektorat pembinaan SLB, 2006, ”Standar Kompentensi dan Kopentensi Dasar
KTSP SLB Tunarungu”.
Dra
Pernamanarian Somad, Dra Tati Hernawati, 1995, ” Orthopedgogik Anak Tunarngu”, Dirjen
Perguruan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Guru.
Haryanto,
S.Pd , ” macam-macam motivasi belajar”,http://belajar
psikologi.com/macam-macam belajar/ dikses tanggal 5 Juli 2013.
Haryanto,
S.Pd , ” Pengertian interaksi sosial”,http://belajar
psikologi.com/macam-macam belajar/ dikses tanggal 5 Juli 2013.
Hardika’s,
Blog , ” bentuk Interaksi Sosial”,http://handdikap.blogspot2013/01bentuk-bentuk
interaksi sosial.httl. dikses tanggal 5
Juli 2013.
Jasmadi,
2010,” Panduan Praktis menggunakan Fasilitas Internet”,Yogyakarta: C.V. Andi
Offset.
Juansyah,2012,:Pengertian
Karakter:http://wordpressdiakses 28 /5/ 2014.
Kemendikbud Dirjen Dikdas
deroktorat pembinaan PKLK Dikdas, 2012, “ Pedoman
intergrasi pendidikan Berkarakter dalam pembelajaran bagi Peserta didik
Tunarungu di SMPLBB”.
Sofan Amri, S. Pd, Ahmad Jauhari, S. Pd, tatik Elisah, S.
Pd, 2011 “ Imlementasi Pendidikan
karakter dalam pembelajaran”, Jakarta :PT. Prestasi Pustakaraya.
Taufik
Rahman Dhiri, 2006, ”Pengenalan sosiologi
SMP Kelas VII”, Yudistira.
Universitas
Negeri Padang Kemdikbud, 2012 ” Bahan
Ajar Pendidikan Luar Biasa”.
Prof.
Suharsimi Arikunto,dkk, 2008, ”Penelitian
Tindakan kelas”,
Jakarta:
Bumi Aksara,.
www.wawasan
pendidikan.com/2013/07/artikelpendidikan tentang cirri motivasi belajar.htm/diakses 28 /5/2014
BIODATA PESERTA
A
|
IDENTITAS PRIBADI
|
|
1
|
Nama
Lengkap (beserta gelar)
|
|
2
|
Tempat
Tanggal Lahir
|
|
3
|
Email
|
|
4
|
No HP
|
|
B
|
IDENTITAS PROFESI
|
|
1
|
NIP
|
|
2
|
NUPTK
|
|
3
|
Asal
Instansi
|
|
4
|
Alamat
Instansi
|
|
5
|
Kab/Kota
|
|
6
|
Propinsi
|
|
7
|
No
Telp Instansi
|
|
8
|
Lama
mengajar
|
|
9
|
Prestasi
|
|
C
|
IDENTITAS PRODUK INOVASI
|
|
1
|
Nama
Produk
|
|
2
|
Diciptakan
Tahun
|
|
3
|
Jenis
Media
|
|
4
|
Judul
Naskah Laporan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar