Laman

Jumat, 03 Januari 2014

PEMBUATAN ALAT PERAGA MAKET RUMAH TEMATIK BERKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK



A.    Nama Alat Peraga                                   : Maket Rumah Tematik Berkarakter
B.     Tujuan                                                     :
1.      Mengetahui cara pembuatan Maket Rumah Tematik  berkarakter
2.      Menumbuhkan minat siswa belajar.
3.      Memberikan rasa senang pada saat belajar.
C.    KD           

D.    Manfaat  
Adapun manfaat yang dapat diterima adalah:
1.      Bagi siswa
a.        Meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Tematik.
b.        Sebagai masukan positif dalam meningkatkan hasil belajar.
c.        Sebagai alternatif meningkatkan cara berfikir logis, kritis, dan kreatif siswa belajar dan mengaktifkan seluruh siswa dalam pembelajaran
d.       Multi Fungsi
e.        Mudah digunakan
2.       Bagi guru
a.        Sebagai media utama untuk mengajar materi tematik
b.        Memberikan pengetahuan tentang media yang bervariasi dalam meningkatkan pembelajaran di kelas.
3.       Bagi Lembaga
a.        Sebagai masukan positif bagi praktisi pendidikan dan seluruh pihak yang berkompeten dalam mengembangkan kurikulum te di SLBmatik.

E.     Deskripsi Produk
Pengertian dan Definisi Maket Rumah Tematik Berkarakter
Maket rumah  tematik berkarakter merupakan tiruan bentuk rumah yang diminiaturkan dan dirancang berdasarkan tema dalam pembelajaran, dalam satu maket dapat memuat empat atau lebih pembelajaran yang berkarakter yang mengunakan pendektan tematik dan khusus pada satu sisi digunakan untuk terapi bagi anak tunarunggu. Terbuat dari bahan bekas dan mudah didapat.
Nilai-Nilai Karakter
           Sesuai dengan Pedoman integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bagi peserta didik tunarungu di Sekolah Pertama Luar Biasa. Kemendikbud.  Dirjen Dikdas Derektorat Pembinaan PK dan LK Dikdas 2012, bahwa pembentukan karakter  dilakukan   dengan kegiatan yang dimulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi yang tertuan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajarn yang disertai dengan latihan dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Ruang lingkupnya adalah : religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.
    
Cara Membuat Maket Rumah Tematik Berkarakter
         Alat dan bahan
a.      Alat :adapun alat yang dibutuhkan adalah:
1.      Rol besi
2.      Kater
3.      Pensil
4.      gunting


b.      Bahan :
1.      Plastik akrilik bekas
2.      Karton bekas
3.      Lem
4.      Selotip/doble tip
5.      Pita
6.      Kaca
7.      Kartu huruf, angka, gambar, kartu kata
Langkah-langkah pembuatan maket rumah tematik berkarakter
1.      Potonglah  plastic akrilik bekas sesuai ukuran yaitu 38 X30 cm masing-masing 2 pasang
2.      Potonglah plastic akrilik benbentu segitiga (untuk atap rumah
3.      Satukan pola tersebut hingga membentuk pola rumah dengan menggunakan lem
4.      Guntinglah kartu huruf angka serta kartu kata pada posisi yang telah ditentukan, serta temple cermin pada dinding belakang rumah
5.      Pasang pita pada  setiap rusuk bagian rumah
s
6.      Letakan rumah diatas alasnya bagian belakang biki bak tempat pasir

7.      Pasangkan kapas diatas atap belakang


8.      Halaman depan letakan tempat sampah kecil dan berikata-kata karakter


9.      Beri bentuk lingkaran, segi tiga dan segi empat untuk hiasan halaman.

10.  Hasil akhir maket rumah tematik dilihat dari beberapa sisi :




F.     Penggunaan Alat Peraga
      Alat ini digunakan untuk media pembelajaran Tematik
       

G.    PENUTUP

Simpulan :
1.      Maket Rumah Tematik Berkarakter merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk satu tahun pelajaran karena bisa dibongkar pasang sesuai tema dan materi pembelajaran
2.      Media ini member nilai tambang yaitu bias sebagai media terapi untuk anak tunarunggu.
3.      Memberi nilai positif karena mengandung karakter yang akan ditanamkan pada anak.
4.      Pembuatan media ini   tidak membutuhkan biaya yang mahal, praktis digunakan dan tahan lama.
Saran
1.      Media ini bias dikembangkan menurut kebutuhan, seperti untuk terapi tinggal bagai man kita merancangnya
2.      Sebaiknya pengaturan materi sesuai dengan tema yang diberikan.



    1. Simpulan

  1. Pembuatan blog berkarakter mudah dan tidak memakan banyak biaya
  2. Dapat disetting sesuai kebutuhan, tujuan dan manfaat blog
  3. Mudah digunakan dalam pembelajaranu dalam pembelajaran
  4. Menghemat wakt

    1. Saran
  1. Sebelum membuat blog hendaknya memperhatikan tujuan, manfaat dan kebutuhan blog
  2. Blog berkarakter juga dapat dikembangkan untuk materi yang lain



DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas Dirjen Manajemen Diknas dan Dikmen Derektorat pembinaan SLB, 2006, ”Standar Isi dan Standar Kompentensi Kelulusan dan Panduan Penyusunan KTSP Tunarungu”.

Depdiknas Dirjen Manajemen Diknas dan Dikmen Derektorat pembinaan SLB, 2006, ”Standar Kompentensi dan Kopentensi Dasar KTSP SLB Tunarungu”.

Dra Pernamanarian Somad, Dra Tati Hernawati, 1995, ” Orthopedgogik Anak Tunarngu”, Dirjen Perguruan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Guru.

Haryanto, S.Pd , ” macam-macam motivasi belajar”,http://belajar psikologi.com/macam-macam belajar/ dikses tanggal 5 Juli 2013.

Haryanto, S.Pd , ” Pengertian interaksi sosial”,http://belajar psikologi.com/macam-macam belajar/ dikses tanggal 5 Juli 2013.

Hardika’s, Blog , ” bentuk Interaksi Sosial”,http://handdikap.blogspot2013/01bentuk-bentuk interaksi sosial.httl.  dikses tanggal 5 Juli 2013.

Jasmadi, 2010,” Panduan Praktis menggunakan Fasilitas Internet”,Yogyakarta: C.V. Andi Offset.
Juansyah,2012,:Pengertian Karakter:http://wordpressdiakses 28 /5/ 2014.
Kemendikbud Dirjen Dikdas deroktorat pembinaan PKLK Dikdas, 2012, “ Pedoman intergrasi pendidikan Berkarakter dalam pembelajaran bagi Peserta didik Tunarungu di SMPLBB”.
Sofan Amri, S. Pd, Ahmad Jauhari, S. Pd, tatik Elisah, S. Pd, 2011 “ Imlementasi Pendidikan karakter dalam pembelajaran”, Jakarta :PT. Prestasi Pustakaraya.
Taufik Rahman Dhiri, 2006, ”Pengenalan sosiologi SMP Kelas VII”, Yudistira.

Universitas Negeri Padang Kemdikbud, 2012 ” Bahan Ajar Pendidikan Luar Biasa”.

Prof. Suharsimi Arikunto,dkk, 2008, ”Penelitian Tindakan kelas”,
Jakarta: Bumi Aksara,.

      www.wawasan pendidikan.com/2013/07/artikelpendidikan tentang cirri   motivasi belajar.htm/diakses 28 /5/2014



BIODATA PESERTA



A
IDENTITAS PRIBADI
1
Nama Lengkap (beserta gelar)

2
Tempat Tanggal Lahir

3
Email

4
No HP

B
IDENTITAS PROFESI
1
NIP

2
NUPTK

3
Asal Instansi

4
Alamat Instansi

5
Kab/Kota

6
Propinsi

7
No Telp Instansi

8
Lama mengajar

9
Prestasi



C
IDENTITAS PRODUK INOVASI
1
Nama Produk

2
Diciptakan Tahun

3
Jenis Media

4
Judul Naskah Laporan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar