Laman

Kamis, 23 Januari 2014

PEMBUATAN ALAT PERAGA BLOG BERKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI


LAPORAN
PEMBUATAN ALAT PERAGA
B
LOG BERKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI

Oleh:



DESNIAR, S. Pd
( Guru SLB YPAC Sumbar)



SLB YPAC SUMBAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA PADANG
PROPINSI SUMATERA BARAT
TAHUN 2014






HALAMAN PENGESAHAN

1. NAMA                                                                    :  Desniar, S. Pd
2. NIP.                                                                                    :  19781219 200801 2 003
3. TEMPAT / TGL. LAHIR                                       :  Koto Baru Hiang, 19 Desember 1978
4. PANGKAT / GOLONGAN                                  :  Penata Muda TK I/ IIIb
5.. JABATAN STRUKTURAL/FUNGSIONAL     :  Guru
6. UNIT KERJA                                                         :  SB YPAC Sumbar
7. ALAMAT UNIT KERJA                                      :  Jl. Bhakti II No 14 ALai Parak Kopi    Padang
                                                                            
8. ALAMAT RUMAH                                               :  Kompek Villa Melati Mas II Aai P adang
                                                          

Mengetahui
Kepala Perpustakaan
SLB YPAC Sumbar


Yulidar Wahyu Nurhaini, S. Pd
NIP.196507242000032003

                                Pembuat



Desniar, S. Pd
NIP. 197812192008012003


Menyetujui,
Kepala SLB YPAC Sumbar


Fajria Murni, S. Pd. MM
NIP19651119 2000032005
SURAT PERNYATAAN


Saya  yang bertanda tangan di bawah ini:
N a m a                   : Desniar, S. Pd
NIP                         : 19781219200801 2003
Pangkat/Golongan  : Penata Muda TK I/ IIIb
Unit Kerja               : SLB YPAC Sumbar
NUPTK    :

Menyatakan dengan sebenarnya bahwa produk inovasi pembelajaran Sosiologi yang berjudul:
Pembuatan Media Blog Berkarakter dalam pembelajaran  Sosiologi”

1.   Merupakan karya asli buatan saya sendiri dan bukan karya orang lain. 
2.  Dikembangkan pada tahun 2014

Apabila terbukti tidak sesuai dengan pernyataan tersebut di atas, saya bersedia menerima sanksi sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.
Surat pernyataan ini saya buat secara sadar, sehat jasmani dan rohani.

                             Padang, 23 Juni 2014
Yang membuat pernyataan,   


                                                                                                                                         (Desniar, S. Pd)






KATA PENGANTAR

           
            Assalamualaikum wr.wb

Segala puji dan keagungan hanya terhaturkan bagi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang atas segala cinta dan kasihnya sehinga penulis bisa menyelesaikan laporan untuk pengembangan inovasi pembelajaran tentang pembuatan media blog berkarakter dalam pembelajaran sosiologi”
           
            Ucapan terma kasih disampaikan pada:
  1. Kepala Dinas Pendidikan
  2. Kepala SLB YPAC Sumbar
  3. Serta seluruh pihak yang membantu,
Atas segala dukungan kritik dan sarannya sehingga  penulis bisa menyelesaikan laporan ini tepat pada waktunya.
            Semoga laporan ini bermanfaat guna menambah kasanah inovasi pembelajaran di SLB pada umumnya utamanya pada mata pelajaran Sosiologi.
            Wassalamualaikum.



Penulis






DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ........................................................................................ i
HALAMAN PERNYATAAN........................................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN .......................................................................... iii
KATA PENGANTAR ...................................................................................... iv
ABSTRAK......................................................................................................... v
DAFTAR ISI ..................................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................. 1
A.  Latar Belakang.................................................................................. 1
B. Tujuan ................................................................................................ 3
C.  Manfaat............................................................................................. 3
BAB II LANDASAN TEORI .......................................................................... 4
A. Blog Berkarakter................................................................................ 4
B. Cara membuat blog berkarakter.......................................................... 6
BAB III PENGEMBANGAN PRODUK INOVASI BLOG BERKARAKTER13
A.  Deskripsi Produk .............................................................................. 13
B.  Proses Pengembangan Poduk ........................................................... 14
C.  Penerapan pada Pembelajaran Soiologi............................................. 15
BAB IV PENUTUP........................................................................................... 19
A.Kesimpulan......................................................................................... 19
B. Saran................................................................................................... 19
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ ix
LAMPIRAN.......................................................................................................




DAFTAR GAMBAR



1.Gambar 2.1. alat pratikum Blog Berkarakter.......................... 6

2.Gambar 2.2 alat dan bahan..................................................... 8

3.Gambar 2.3 langkah-langkah pembuatan alat......................... 9

















A.    Nama Alat Pratikum                              : Blog Berkarakter
B.     Tujuan                                                     :
1.      Mengetahui cara pembuatan blog berkarakter
2.      Menumbuhkan minat siswa belajar.
3.      Memberikan rasa senang pada saat belajar.
C.    KD           

D.    Manfaat  
Adapun manfaat yang dapat diterima adalah:
1.      Bagi siswa
a.        Meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Sosiologi.
b.        Sebagai masukan positif dalam meningkatkan hasil belajar.
c.        Sebagai alternatif meningkatkan cara berfikir logis, kritis, dan kreatif siswa belajar dan mengaktifkan seluruh siswa dalam pembelajaran.
2.       Bagi guru
a.        Sebagai alternatif untuk mengajar materi sosiologi.
b.        Memberikan pengetahuan tentang media yang bervariasi dalam meningkatkan pembelajaran di kelas.
3.       Bagi Lembaga
a.        Sebagai masukan positif bagi praktisi pendidikan dan seluruh pihak yang berkompeten dalam mengembangkan kurikulum Sosiologi di SLB.

E.     Deskripsi Produk
Pengertian dan Definisi Blog
Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web).
Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi. Blogger adalah pemilik blog atau pengarang isi blog.
  1. Ciri-ciri Blog
    Berikut adalah ciri-ciri blog secara umum
  1. Memiliki Nama dan Alamat yang bisa diakses secara online
  2. Memiliki tujuan
  3. Memiliki isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
  4. Postingan atau isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting)
  5. Isi Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog
  1.  Tujuan Blog Secara Umum, antara lain :
  1. Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain
  2. Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
  3. Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif
  4. Berkarya atau aktualisasi diri
  5. Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis, pengunjung memberikan tanggapan atau komentar
  6. Berbagi pengalaman 
  7. berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb
  8. banyak lagi, sesuai dengan jenis / topik yang diangkat
       Karena blog bermacam-macam jenisnya, maka tujuan blog juga dipengaruhi oleh jenis blog tersebut.
misal :
a.  Tujuan Blog Pribadi : bertujuan untuk memberikan informasi yang update tentang diri pemilik blog. Seputar pengalaman, hal-hal yang berkesan, catatan harian, catatan perjalanan pribadi, dan sebagainya
b.  Tujuan Blog Kesehatan : bertujuan untuk memberikan informasi kesehatan terkini
c. Tujuan Blog bisnis : bertujuan untuk memberikan informasi terkini seputar bisnis sebuah perusahaan
      d.Adapun tujuan blog yang penulis buat adalah sebagai media pembelajaran  berkarak terbagi anak tunarunggu khususnya pembelajaran materi bentuk intaraksi sosial
 Etika Blogger 
  1. Memiliki tujuan yang baik
  2. Membuat artikel/postingan yang asli, atau kegiatan lain yang melanggar hak cipta (tanpa izin pemilik)
  1. Tidak membuat postingan yang merugikan orang lain, mengganggu, menipu (spam), mengandung kekerasan, isu sara, dan hal negatif lainnya
  2. Perkembangan Blog
                 Saat ini, khususnya di Indonesia, kegiatan blogging berkembang sangat pesat dengan tujuan yang beragam pula. Sebagian besar blog masih menggambarkan konsep blogging yang murni, akan tetapi sebagian blog juga berkembang sesuai dengan kemauan dan tujuan pemiliknya sehingga banyak yang berisi materi bebas dan terkadang keluar dari konsep blogging sebenarnya.

  1. Blog yang Berkarakter
Karakter berasal dari bahasa Yunani yang berarti “to mark” atau menandai dan memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku, sehingga orang yang tidak jujur, kejam, rakus dan perilaku jelek lainnya dikatakan orang berkarakter jelek. Sebaliknya, orang yang perilakunya sesuai dengan kaidah moral disebut dengan berkarakter mulia.
Pengertian karakter menurut Pusat Bahasa Dekdiknas adalah “bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, watak”. Adapun berkarakter, adalah berkepribadian, berperilaku, bersifat, dan berwatak.
Karakter mulia berarti individu memiliki pengetahuan tentang potensi dirinya, yang ditandai dengan nilai-nilai seperti reflektif, percaya diri, rasional, logis, kritis, analitis, kreatif dan inovatif, mandiri, hidup sehat, bertanggung jawab, cinta ilmu, sabar, berhati-hati, rela berkorban, pemberani, dapat dipercaya, jujur, menempati janji, adil, rendah hati, malu berbuat salah, pemaaf, berhati lembut, setia, bekerja keras, tekun, ulet/gigih, pengabdian/dedikatif, pengendalian diri, produktif, ramah, cinta keindahan (estetis, sportif, tabah, terbuka, tertib. Individu juga memiliki kesadaran untuk berbuat yang terbaik atau unggul, dan individu juga mampu bertidak sesuai potensi dan kesadarannya tersebut. Karakter adalah realisasi perkembangan positif sebagai individu (intelektual, emosional, sosial, etika, dan perilaku).
Nilai-Nilai Karakter
           Sesuai dengan Pedoman integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bagi peserta didik tunarungu di Sekolah Pertama Luar Biasa. Kemendikbud.  Dirjen Dikdas Derektorat Pembinaan PK dan LK Dikdas 2012, bahwa pembentukan karakter  dilakukan   dengan kegiatan yang dimulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi yang tertuan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajarn yang disertai dengan latihan dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Ruang lingkupnya adalah : religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.
      Berdasarkan hal tersebut maka penulis menyatakan bahwa blog berkarakter yang penulis rancang nantinya adalah sebuah media berbaris IT yang memuat nilai-nilai karakter sebagai filter mengingat usia mereka dalam masa puberitas dan karakteristik anak tunarunggu sehingga dapat dijadikan media pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi anak dan memberikan nilai positif sehinga hasil yang dicapai seimbang dan optimal.
  1. Cara Membuat Blog
           Menurut RidwanAZ.com, ada dua layanan blogging yang telah diakui kehebatannya oleh para blogger di seluruh dunia. Yaitu Blogspot (blogger.com; sebuah layanan yang dimiliki oleh google) dan WordPress.com. Secara umum langkah-langkah membuat blogspot adalah:
1. Untuk memulai mendaftar blog di blogspot silahkan kunjungi alamat situs  www.blogger.com, setelah itu cari tombol Sign up (daftar) yang ada di pojok kanan atas, seperti gambar di bawah ini
cara membuat blog
2.  Setelah tombol sign up diklik, nanti akan muncul aplikasi pendaftaran pembuatan akun gooogle, seperti gambar di bawah ini. Silahkan lengkapi aplikasi tersebut. Gambar di bawah ini merupakan contoh pengisiannya.
  1. Penjelasan pengisian : pada bagian Name, Isi nama  depan dan nama belakang .
Pada Choose your username,  isi sesuai dengan keinginan, username ini nantinya berfungsi sebagai email login untuk akses ke dashboard blogspot  dan bisa juga untuk login ke Gmail. (jika username tidak tersedia, tambahka angka atau huruf di belakangnya),
Pada Create a Password, isi password kamu (gunakan yang mudah diingat), pada Confirm your password silahkan isi dengan password yang sama dengan password pada kolom pada create a possword tadi.
Pada birth day isi tanggal lahir .  Pada Phone, isi dengan nomor ponsel , untuk Curent your email, dikosongkan saja.  Pada type the two pieces of text, ketikan dua buah teks kode yang ada di atasnya.  Selanjutnya beri tanda centang pada dua kotak kecil di bawahnya, dan yang terakhir Klik
ada tombol Next step.
cara membuat blog
  1. Klik pada tombol next, akan ditampilkan perintah verifikasi akun, silahkan masukan nomor ponsel . Kemudian klik tombool Send Verifikation Code. Nanti  akan mendapat sms dari google yang berisi  kode aktifasi.
cara membuat blog
  1.   SMS kode verifikasi dari google ke ponsel akan tampak seperti gambar di bawah ini.
cara membuat blog
  1.  Masukkan kode verikasi sms di atas pada kolom yang tampil, seperti gambar di bawah ini. kemudian klik tombol Verify
    cara membuat blog
    7.   Jika langkah sebelumnya berhasil, kamu akan menjumpai halaman seperti gambar di bawah ini. Untuk menambahkan foto silahkan klik add profile photo,  jika ingin langsung ke langkah selanjutnya silahkan klik tombol Next Step.
    cara membuat blog
    8.  Selanjutnya akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini. Ini merupakan tanda bahwa k telah memiliki sebuah akun google  berupa alamat email yang bisa digunakan untuk login ke Gmail.com dan blogger.com, selanjutnya silahkan klik tombol Back to blogger.
    cara membuat blog
    9. Jika melihat halaman seperti gambar di bawah ini abaikan saja , cepat dalam membuat blog. SIlahkan klik tombol lanjutkan ke blogger.
    cara membuat blog
10.   Setelah itu  akan masuk ke halaman utama Dashboard blogger. Di dashboard ini kamu bisa membuat blog, menulis posting, mengatur tema dan lain-lain.  Untuk membuat blog pertama kali klik tombol Blog Baru.
cara membuat blog
11. Setelah tombol blog baru diklik, akan muncul  jendela pembuatan blog.  Pada bagian Judul isi  Judul blog , pada bagian Alamat isi dengana alamat blog yang  inginkan. Pada template, pilih salah satu template yang  inginkan.  Kemudian klik tombol buat blog
cara membuat blog
12 . Setelah langkah-langkah di atas, blog kamu sudah berhasil di buat.  Untuk menulis posting silahkan klik tombol Pensil, sedangkan untuk melihat tampilan blog yang masuk kosong (belum ada artikelnya) silahkan klik tombol lihat blog.
cara membuat blog
        Setiap menu dalam tampilan diberi nilai karakter dengan mengomentari berbagai bentuk pernyatan serta dalam menu latihan dapat diberikan beberapa latihan penanaman nilai karakter yang akan ditananmkan.
HASIL AKHIR BLOG

BLOG JUGA DAPAT DITAMBAH MUSIK PENGANTAR AGAR LEBIH MENARIK





F.     Penggunaan Alat Peraga
      Alat ini digunakan untuk media pembelajaran sosiologi
       

G.    PENUTUP



    1. Simpulan

  1. Pembuatan blog berkarakter mudah dan tidak memakan banyak biaya
  2. Dapat disetting sesuai kebutuhan, tujuan dan manfaat blog
  3. Mudah digunakan dalam pembelajaranu dalam pembelajaran
  4. Menghemat wakt

    1. Saran
  1. Sebelum membuat blog hendaknya memperhatikan tujuan, manfaat dan kebutuhan blog
  2. Blog berkarakter juga dapat dikembangkan untuk materi yang lain



DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas Dirjen Manajemen Diknas dan Dikmen Derektorat pembinaan SLB, 2006, ”Standar Isi dan Standar Kompentensi Kelulusan dan Panduan Penyusunan KTSP Tunarungu”.

Depdiknas Dirjen Manajemen Diknas dan Dikmen Derektorat pembinaan SLB, 2006, ”Standar Kompentensi dan Kopentensi Dasar KTSP SLB Tunarungu”.

Dra Pernamanarian Somad, Dra Tati Hernawati, 1995, ” Orthopedgogik Anak Tunarngu”, Dirjen Perguruan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Guru.

Haryanto, S.Pd , ” macam-macam motivasi belajar”,http://belajar psikologi.com/macam-macam belajar/ dikses tanggal 5 Juli 2013.

Haryanto, S.Pd , ” Pengertian interaksi sosial”,http://belajar psikologi.com/macam-macam belajar/ dikses tanggal 5 Juli 2013.

Hardika’s, Blog , ” bentuk Interaksi Sosial”,http://handdikap.blogspot2013/01bentuk-bentuk interaksi sosial.httl.  dikses tanggal 5 Juli 2013.

Jasmadi, 2010,” Panduan Praktis menggunakan Fasilitas Internet”,Yogyakarta: C.V. Andi Offset.
Juansyah,2012,:Pengertian Karakter:http://wordpressdiakses 28 /5/ 2014.
Kemendikbud Dirjen Dikdas deroktorat pembinaan PKLK Dikdas, 2012, “ Pedoman intergrasi pendidikan Berkarakter dalam pembelajaran bagi Peserta didik Tunarungu di SMPLBB”.
Sofan Amri, S. Pd, Ahmad Jauhari, S. Pd, tatik Elisah, S. Pd, 2011 “ Imlementasi Pendidikan karakter dalam pembelajaran”, Jakarta :PT. Prestasi Pustakaraya.
Taufik Rahman Dhiri, 2006, ”Pengenalan sosiologi SMP Kelas VII”, Yudistira.

Universitas Negeri Padang Kemdikbud, 2012 ” Bahan Ajar Pendidikan Luar Biasa”.

Prof. Suharsimi Arikunto,dkk, 2008, ”Penelitian Tindakan kelas”,
Jakarta: Bumi Aksara,.

      www.wawasan pendidikan.com/2013/07/artikelpendidikan tentang cirri   motivasi belajar.htm/diakses 28 /5/2014



BIODATA PESERTA


A
IDENTITAS PRIBADI
1
Nama Lengkap (beserta gelar)

2
Tempat Tanggal Lahir

3
Email

4
No HP

B
IDENTITAS PROFESI
1
NIP

2
NUPTK

3
Asal Instansi

4
Alamat Instansi

5
Kab/Kota

6
Propinsi

7
No Telp Instansi

8
Lama mengajar

9
Prestasi



C
IDENTITAS PRODUK INOVASI
1
Nama Produk

2
Diciptakan Tahun

3
Jenis Media

4
Judul Naskah Laporan


Te

































1 komentar: