PEMBUATAN
ALAT PERAGA
BLOG BERKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI
BLOG BERKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI
Oleh:
DESNIAR,
S. Pd
( Guru SLB YPAC Sumbar)
SLB YPAC SUMBAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA PADANG
DINAS PENDIDIKAN KOTA PADANG
PROPINSI SUMATERA BARAT
TAHUN 2014
HALAMAN PENGESAHAN
1. NAMA : Desniar, S. Pd
2. NIP. : 19781219 200801 2 003
3. TEMPAT / TGL. LAHIR : Koto Baru Hiang, 19 Desember 1978
4. PANGKAT / GOLONGAN : Penata Muda TK I/ IIIb
5.. JABATAN STRUKTURAL/FUNGSIONAL :
Guru
6. UNIT KERJA : SB YPAC Sumbar
7. ALAMAT UNIT KERJA : Jl. Bhakti II No 14 ALai Parak Kopi Padang
8. ALAMAT RUMAH : Kompek Villa Melati Mas II Aai P adang
Mengetahui
Kepala Perpustakaan
SLB YPAC Sumbar
Yulidar Wahyu Nurhaini, S. Pd
NIP.196507242000032003
|
Pembuat
Desniar, S. Pd
NIP. 197812192008012003
|
Menyetujui,
Kepala SLB YPAC Sumbar
Fajria Murni, S. Pd. MM
NIP19651119 2000032005
SURAT PERNYATAAN
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
N a m a : Desniar, S. Pd
NIP : 19781219200801 2003
Pangkat/Golongan : Penata Muda TK I/ IIIb
Unit Kerja : SLB YPAC Sumbar
NUPTK :
Menyatakan dengan
sebenarnya bahwa produk inovasi pembelajaran Sosiologi yang berjudul:
“
Pembuatan Media Blog Berkarakter dalam pembelajaran Sosiologi”
1. Merupakan karya asli
buatan saya sendiri dan bukan karya orang lain.
2. Dikembangkan pada tahun 2014
Apabila terbukti tidak sesuai
dengan pernyataan tersebut di atas, saya bersedia menerima sanksi sesuai
peraturan dan perundangan yang berlaku.
Surat pernyataan ini saya buat
secara sadar, sehat jasmani dan rohani.
Padang, 23 Juni 2014
Yang membuat pernyataan,
(Desniar, S. Pd)
|
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum
wr.wb
Segala puji dan keagungan
hanya terhaturkan bagi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
atas segala cinta dan kasihnya sehinga penulis bisa menyelesaikan laporan untuk
pengembangan inovasi pembelajaran tentang pembuatan media blog berkarakter
dalam pembelajaran sosiologi”
Ucapan
terma kasih disampaikan pada:
- Kepala
Dinas Pendidikan
- Kepala
SLB YPAC Sumbar
- Serta
seluruh pihak yang membantu,
Atas segala dukungan kritik dan sarannya
sehingga penulis bisa menyelesaikan
laporan ini tepat pada waktunya.
Semoga
laporan ini bermanfaat guna menambah kasanah inovasi pembelajaran di SLB pada
umumnya utamanya pada mata pelajaran Sosiologi.
Wassalamualaikum.
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ........................................................................................ i
HALAMAN PERNYATAAN........................................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN .......................................................................... iii
KATA PENGANTAR ...................................................................................... iv
ABSTRAK......................................................................................................... v
DAFTAR
ISI ..................................................................................................... vi
DAFTAR
GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR
LAMPIRAN...................................................................................... viii
BAB I
PENDAHULUAN................................................................................. 1
A. Latar Belakang.................................................................................. 1
B. Tujuan ................................................................................................ 3
C. Manfaat............................................................................................. 3
BAB II LANDASAN
TEORI .......................................................................... 4
A. Blog Berkarakter................................................................................ 4
B. Cara
membuat blog berkarakter.......................................................... 6
BAB III PENGEMBANGAN
PRODUK INOVASI BLOG BERKARAKTER13
A. Deskripsi Produk .............................................................................. 13
B. Proses Pengembangan Poduk ........................................................... 14
C. Penerapan pada Pembelajaran Soiologi............................................. 15
BAB IV
PENUTUP........................................................................................... 19
A.Kesimpulan......................................................................................... 19
B. Saran................................................................................................... 19
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ ix
LAMPIRAN.......................................................................................................
DAFTAR GAMBAR
1.Gambar
2.1. alat pratikum Blog Berkarakter.......................... 6
2.Gambar
2.2 alat dan bahan..................................................... 8
3.Gambar
2.3 langkah-langkah pembuatan alat......................... 9
A.
Nama
Alat Pratikum :
Blog Berkarakter
B.
Tujuan :
1. Mengetahui
cara pembuatan blog berkarakter
2. Menumbuhkan
minat siswa belajar.
3. Memberikan
rasa senang pada saat belajar.
C.
KD
D.
Manfaat
Adapun manfaat yang
dapat diterima adalah:
1.
Bagi
siswa
a.
Meningkatkan
motivasi siswa dalam pembelajaran Sosiologi.
b.
Sebagai masukan positif dalam meningkatkan hasil
belajar.
c.
Sebagai alternatif meningkatkan cara berfikir logis, kritis, dan kreatif siswa belajar dan mengaktifkan
seluruh siswa dalam pembelajaran.
2. Bagi guru
a.
Sebagai alternatif untuk mengajar materi sosiologi.
b.
Memberikan
pengetahuan tentang media yang bervariasi dalam meningkatkan pembelajaran di
kelas.
3. Bagi Lembaga
a.
Sebagai masukan positif bagi praktisi pendidikan dan seluruh pihak yang
berkompeten dalam mengembangkan kurikulum Sosiologi di SLB.
E.
Deskripsi
Produk
Pengertian dan Definisi Blog
Blog berasal dari kata
Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web).
Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi. Blogger adalah pemilik blog atau pengarang isi blog.
Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi. Blogger adalah pemilik blog atau pengarang isi blog.
- Memiliki Nama dan
Alamat yang bisa diakses secara online
- Memiliki tujuan
- Memiliki isi atau
postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
- Postingan atau
isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting)
- Isi Blog umumnya
selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog
- Tujuan Blog Secara Umum, antara lain :
- Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun
bagi orang lain
- Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
- Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang
positif
- Berkarya atau aktualisasi diri
- Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis,
pengunjung memberikan tanggapan atau komentar
- Berbagi pengalaman
- berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb
- banyak lagi, sesuai dengan jenis / topik yang diangkat
Karena blog bermacam-macam jenisnya,
maka tujuan blog juga dipengaruhi oleh jenis blog tersebut.
misal :
a. Tujuan Blog Pribadi : bertujuan untuk memberikan informasi yang update tentang diri pemilik blog. Seputar pengalaman, hal-hal yang berkesan, catatan harian, catatan perjalanan pribadi, dan sebagainya
b. Tujuan Blog Kesehatan : bertujuan untuk memberikan informasi kesehatan terkini
c. Tujuan Blog bisnis : bertujuan untuk memberikan informasi terkini seputar bisnis sebuah perusahaan
misal :
a. Tujuan Blog Pribadi : bertujuan untuk memberikan informasi yang update tentang diri pemilik blog. Seputar pengalaman, hal-hal yang berkesan, catatan harian, catatan perjalanan pribadi, dan sebagainya
b. Tujuan Blog Kesehatan : bertujuan untuk memberikan informasi kesehatan terkini
c. Tujuan Blog bisnis : bertujuan untuk memberikan informasi terkini seputar bisnis sebuah perusahaan
d.Adapun tujuan blog yang penulis buat
adalah sebagai media pembelajaran
berkarak terbagi anak tunarunggu khususnya pembelajaran materi bentuk
intaraksi sosial
Etika Blogger
Etika Blogger
- Memiliki tujuan
yang baik
- Membuat
artikel/postingan yang asli, atau kegiatan lain yang melanggar hak cipta
(tanpa izin pemilik)
- Tidak
membuat postingan yang merugikan orang lain, mengganggu, menipu (spam),
mengandung kekerasan, isu sara, dan hal negatif lainnya
- Perkembangan Blog
Saat ini, khususnya di Indonesia, kegiatan blogging berkembang sangat pesat dengan tujuan yang beragam pula. Sebagian besar blog masih menggambarkan konsep blogging yang murni, akan tetapi sebagian blog juga berkembang sesuai dengan kemauan dan tujuan pemiliknya sehingga banyak yang berisi materi bebas dan terkadang keluar dari konsep blogging sebenarnya.
- Blog yang Berkarakter
Karakter berasal dari bahasa Yunani yang berarti “to
mark” atau menandai dan memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan
dalam bentuk tindakan atau tingkah laku, sehingga orang yang tidak jujur,
kejam, rakus dan perilaku jelek lainnya dikatakan orang berkarakter jelek.
Sebaliknya, orang yang perilakunya sesuai dengan kaidah moral disebut dengan
berkarakter mulia.
Pengertian karakter menurut Pusat Bahasa Dekdiknas
adalah “bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas,
sifat, tabiat, temperamen, watak”. Adapun berkarakter, adalah berkepribadian,
berperilaku, bersifat, dan berwatak.
Karakter mulia berarti individu memiliki pengetahuan
tentang potensi dirinya, yang ditandai dengan nilai-nilai seperti reflektif,
percaya diri, rasional, logis, kritis, analitis, kreatif dan inovatif, mandiri,
hidup sehat, bertanggung jawab, cinta ilmu, sabar, berhati-hati, rela
berkorban, pemberani, dapat dipercaya, jujur, menempati janji, adil, rendah
hati, malu berbuat salah, pemaaf, berhati lembut, setia, bekerja keras, tekun,
ulet/gigih, pengabdian/dedikatif, pengendalian diri, produktif, ramah, cinta keindahan
(estetis, sportif, tabah, terbuka, tertib. Individu juga memiliki kesadaran
untuk berbuat yang terbaik atau unggul, dan individu juga mampu bertidak sesuai
potensi dan kesadarannya tersebut. Karakter adalah realisasi perkembangan
positif sebagai individu (intelektual, emosional, sosial, etika, dan perilaku).
Nilai-Nilai Karakter
Sesuai dengan Pedoman integrasi
pendidikan karakter dalam pembelajaran bagi peserta didik tunarungu di Sekolah
Pertama Luar Biasa. Kemendikbud. Dirjen
Dikdas Derektorat Pembinaan PK dan LK Dikdas 2012, bahwa pembentukan
karakter dilakukan dengan kegiatan yang dimulai dari
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi yang tertuan dalam Rencana
Pelaksanaan Pembelajarn yang disertai dengan latihan dan pembiasaan dalam
kehidupan sehari-hari. Ruang lingkupnya adalah : religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, komunikatif,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung
jawab.
Berdasarkan hal tersebut maka penulis
menyatakan bahwa blog berkarakter yang penulis rancang nantinya adalah sebuah
media berbaris IT yang memuat nilai-nilai karakter sebagai filter mengingat
usia mereka dalam masa puberitas dan karakteristik anak tunarunggu sehingga
dapat dijadikan media pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi anak dan
memberikan nilai positif sehinga hasil yang dicapai seimbang dan optimal.
- Cara Membuat Blog
Menurut RidwanAZ.com, ada dua
layanan blogging yang telah diakui kehebatannya oleh para blogger di seluruh
dunia. Yaitu Blogspot (blogger.com; sebuah layanan yang dimiliki oleh google)
dan WordPress.com. Secara umum langkah-langkah membuat blogspot adalah:
1.
Untuk memulai mendaftar blog di blogspot silahkan kunjungi alamat situs
www.blogger.com, setelah itu cari tombol Sign up (daftar) yang ada di pojok
kanan atas, seperti gambar di bawah ini
2. Setelah tombol sign up diklik, nanti akan muncul aplikasi pendaftaran pembuatan akun gooogle, seperti gambar di bawah ini. Silahkan lengkapi aplikasi tersebut. Gambar di bawah ini merupakan contoh pengisiannya.
2. Setelah tombol sign up diklik, nanti akan muncul aplikasi pendaftaran pembuatan akun gooogle, seperti gambar di bawah ini. Silahkan lengkapi aplikasi tersebut. Gambar di bawah ini merupakan contoh pengisiannya.
- Penjelasan
pengisian : pada bagian Name, Isi nama depan dan nama belakang .
Pada
Choose your username, isi sesuai dengan keinginan, username ini nantinya
berfungsi sebagai email login untuk akses ke dashboard blogspot dan bisa juga untuk login ke Gmail. (jika
username tidak tersedia, tambahka angka atau huruf di belakangnya),
Pada
Create a Password, isi password kamu (gunakan yang mudah diingat), pada Confirm
your password silahkan isi dengan password yang sama dengan password pada kolom
pada create a possword tadi.
Pada
birth day isi tanggal lahir . Pada Phone, isi dengan nomor ponsel , untuk
Curent your email, dikosongkan saja. Pada type the two pieces of text,
ketikan dua buah teks kode yang ada di atasnya. Selanjutnya beri tanda
centang pada dua kotak kecil di bawahnya, dan yang terakhir Klik
- Klik pada tombol next,
akan ditampilkan perintah verifikasi akun, silahkan masukan nomor ponsel .
Kemudian klik tombool Send Verifikation Code. Nanti akan mendapat sms dari google yang
berisi kode aktifasi.
- SMS kode
verifikasi dari google ke ponsel akan tampak seperti gambar di bawah ini.
- Masukkan kode verikasi sms di atas pada
kolom yang tampil, seperti gambar di bawah ini. kemudian klik tombol
Verify
7. Jika langkah sebelumnya berhasil, kamu akan menjumpai halaman seperti gambar di bawah ini. Untuk menambahkan foto silahkan klik add profile photo, jika ingin langsung ke langkah selanjutnya silahkan klik tombol Next Step.
8. Selanjutnya akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini. Ini merupakan tanda bahwa k telah memiliki sebuah akun google berupa alamat email yang bisa digunakan untuk login ke Gmail.com dan blogger.com, selanjutnya silahkan klik tombol Back to blogger.
9. Jika melihat halaman seperti gambar di bawah ini abaikan saja , cepat dalam membuat blog. SIlahkan klik tombol lanjutkan ke blogger.
10.
Setelah itu akan masuk ke halaman
utama Dashboard blogger. Di dashboard ini kamu bisa membuat blog, menulis
posting, mengatur tema dan lain-lain. Untuk membuat blog pertama kali
klik tombol Blog Baru.
11. Setelah tombol blog baru diklik, akan muncul jendela pembuatan blog. Pada bagian Judul isi Judul blog , pada bagian Alamat isi dengana alamat blog yang inginkan. Pada template, pilih salah satu template yang inginkan. Kemudian klik tombol buat blog
11. Setelah tombol blog baru diklik, akan muncul jendela pembuatan blog. Pada bagian Judul isi Judul blog , pada bagian Alamat isi dengana alamat blog yang inginkan. Pada template, pilih salah satu template yang inginkan. Kemudian klik tombol buat blog
12 . Setelah langkah-langkah di
atas, blog kamu sudah berhasil di buat. Untuk menulis posting silahkan
klik tombol Pensil, sedangkan untuk melihat tampilan blog yang masuk kosong
(belum ada artikelnya) silahkan klik tombol lihat blog.
Setiap menu dalam tampilan diberi nilai
karakter dengan mengomentari berbagai bentuk pernyatan serta dalam menu latihan
dapat diberikan beberapa latihan penanaman nilai karakter yang akan
ditananmkan.
HASIL
AKHIR BLOG
BLOG
JUGA DAPAT DITAMBAH MUSIK PENGANTAR AGAR LEBIH MENARIK
F.
Penggunaan
Alat Peraga
Alat ini digunakan untuk media
pembelajaran sosiologi
G.
PENUTUP
- Simpulan
- Pembuatan blog berkarakter mudah dan tidak memakan banyak biaya
- Dapat disetting sesuai kebutuhan, tujuan dan manfaat blog
- Mudah digunakan dalam pembelajaranu dalam pembelajaran
- Menghemat wakt
- Saran
- Sebelum membuat blog hendaknya memperhatikan tujuan, manfaat dan
kebutuhan blog
- Blog berkarakter juga dapat dikembangkan untuk materi yang lain
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas
Dirjen Manajemen Diknas dan Dikmen Derektorat pembinaan SLB, 2006, ”Standar Isi dan Standar Kompentensi
Kelulusan dan Panduan Penyusunan KTSP Tunarungu”.
Depdiknas
Dirjen Manajemen Diknas dan Dikmen Derektorat pembinaan SLB, 2006, ”Standar Kompentensi dan Kopentensi Dasar
KTSP SLB Tunarungu”.
Dra
Pernamanarian Somad, Dra Tati Hernawati, 1995, ” Orthopedgogik Anak Tunarngu”,
Dirjen Perguruan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Guru.
Haryanto,
S.Pd , ” macam-macam motivasi belajar”,http://belajar
psikologi.com/macam-macam belajar/ dikses tanggal 5 Juli 2013.
Haryanto,
S.Pd , ” Pengertian interaksi sosial”,http://belajar
psikologi.com/macam-macam belajar/ dikses tanggal 5 Juli 2013.
Hardika’s,
Blog , ” bentuk Interaksi Sosial”,http://handdikap.blogspot2013/01bentuk-bentuk
interaksi sosial.httl. dikses tanggal 5
Juli 2013.
Jasmadi,
2010,” Panduan Praktis menggunakan Fasilitas Internet”,Yogyakarta: C.V. Andi
Offset.
Juansyah,2012,:Pengertian
Karakter:http://wordpressdiakses 28 /5/ 2014.
Kemendikbud Dirjen Dikdas
deroktorat pembinaan PKLK Dikdas, 2012, “ Pedoman
intergrasi pendidikan Berkarakter dalam pembelajaran bagi Peserta didik
Tunarungu di SMPLBB”.
Sofan Amri, S. Pd, Ahmad Jauhari, S. Pd, tatik Elisah, S.
Pd, 2011 “ Imlementasi Pendidikan
karakter dalam pembelajaran”, Jakarta :PT. Prestasi Pustakaraya.
Taufik
Rahman Dhiri, 2006, ”Pengenalan sosiologi
SMP Kelas VII”, Yudistira.
Universitas
Negeri Padang Kemdikbud, 2012 ” Bahan
Ajar Pendidikan Luar Biasa”.
Prof. Suharsimi
Arikunto,dkk, 2008, ”Penelitian Tindakan
kelas”,
Jakarta:
Bumi Aksara,.
www.wawasan
pendidikan.com/2013/07/artikelpendidikan tentang cirri motivasi belajar.htm/diakses 28 /5/2014
BIODATA PESERTA
A
|
IDENTITAS PRIBADI
|
|
1
|
Nama
Lengkap (beserta gelar)
|
|
2
|
Tempat
Tanggal Lahir
|
|
3
|
Email
|
|
4
|
No HP
|
|
B
|
IDENTITAS PROFESI
|
|
1
|
NIP
|
|
2
|
NUPTK
|
|
3
|
Asal
Instansi
|
|
4
|
Alamat
Instansi
|
|
5
|
Kab/Kota
|
|
6
|
Propinsi
|
|
7
|
No
Telp Instansi
|
|
8
|
Lama
mengajar
|
|
9
|
Prestasi
|
|
C
|
IDENTITAS PRODUK INOVASI
|
|
1
|
Nama
Produk
|
|
2
|
Diciptakan
Tahun
|
|
3
|
Jenis
Media
|
|
4
|
Judul
Naskah Laporan
|
Te
|
Informasi sangat berguna, untuk tambahan pengetahuan silahkan menuju halaman ini
BalasHapus