Laman

Rabu, 08 Januari 2014

PEMBUATAN ALAT PERAGA POHON PENJUMLAHAN BENDA TEMATIK


LAPORAN
PEMBUATAN ALAT PERAGA
POHON PENJUMLAHAN BENDA TEMATIK
Oleh:

DESNIAR, S. Pd
( Guru SLB YPAC Sumbar)





SLB YPAC SUMBAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA PADANG
PROPINSI SUMATERA BARAT
TAHUN 2014





                                                      HALAMAN PENGESAHAN

1. NAMA                                                                    :  Desniar, S. Pd
2. NIP.                                                                                    :  19781219 200801 2 003
3. TEMPAT / TGL. LAHIR                                       :  Koto Baru Hiang, 19 Desember 1978
4. PANGKAT / GOLONGAN                                  :  Penata Muda TK I/ IIIb
5.. JABATAN STRUKTURAL/FUNGSIONAL     :  Guru
6. UNIT KERJA                                                         :  SB YPAC Sumbar
7. ALAMAT UNIT KERJA                                      :  Jl. Bhakti II No 14 ALai Parak Kopi     Padang
                                                                            
8. ALAMAT RUMAH                                               :  Kompek Villa Melati Mas II Aai P adang
                                                          

Mengetahui
Kepala Perpustakaan
SLB YPAC Sumbar


Yulidar Wahyu Nurhaini, S. Pd
NIP.196507242000032003

                                Pembuat



Desniar, S. Pd
NIP. 197812192008012003


Menyetujui,
Kepala SLB YPAC Sumbar


Fajria Murni, S. Pd. MM
NIP19651119 2000032005
SURAT PERNYATAAN


Saya  yang bertanda tangan di bawah ini:
N a m a                   : Desniar, S. Pd
NIP                         : 19781219200801 2003
Pangkat/Golongan  : Penata Muda TK I/ IIIb
Unit Kerja               : SLB YPAC Sumbar
NUPTK    :

Menyatakan dengan sebenarnya bahwa produk inovasi pembelajaran yang berjudul:
POHON PENJUMLAHAN BENDA TEMATIK”

1.   Merupakan karya asli buatan saya sendiri dan bukan karya orang lain. 
2.  Dikembangkan pada tahun 2014
3. Bahwa karya ini belum pernah diikut lombakan dalam lomba apapun baik tingkat kab/kota, propinsi, nasional maupun internasional

Apabila terbukti tidak sesuai dengan pernyataan tersebut di atas, saya bersedia menerima sanksi sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.
Surat pernyataan ini saya buat secara sadar, sehat jasmani dan rohani.

                             Padang, 19 Juni 2014
Yang membuat pernyataan,   


                                                                                                                                     (Desniar, S. Pd)






KATA PENGANTAR

           
            Assalamualaikum wr.wb

Segala puji dan keagungan hanya terhaturkan bagi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang atas segala cinta dan kasihnya sehinga penulis bisa menyelesaikan laporan untuk pengembangan inovasi pembelajaran tentang Pohon penjumlahan benda tematik”
           
            Ucapan terma kasih disampaikan pada:
  1. Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang dan Propinsi Sumbar
  2. Kepala SLB YPAC Sumbar
  3. Serta seluruh pihak yang membantu,
Atas segala dukungan kritik dan sarannya sehingga  penulis bisa menyelesaikan laporan ini tepat pada waktunya.
            Semoga laporan ini bermanfaat guna menambah kasanah inovasi pembelajaran di SLB pada umumnya utamanya pada mata pelajaran Tematik.
            Wassalamualaikum.



Penulis



Desniar, S. Pd


DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ........................................................................................ i
HALAMAN PERNYATAAN........................................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN .......................................................................... iii
KATA PENGANTAR ...................................................................................... iv
DAFTAR ISI ..................................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii
 PENGEMBANGAN POHON  PENJUMLAHAN BENDA TEMATIK
A.    Nama alat…………………………………………………………….1
B.     Tujuan……………………………………………………………….1
C.     KD…………………………………………………………………..1
D.    Manfaat……………………………………………………………..1
E.  Deskripsi Produk .............................................................................. 1
F.  Proses Pengembangan Poduk ........................................................... 2
G Cara Membuat alat.  ........................................................................... 2
PENUTUP.......................................................................................................... 5
A.Kesimpulan......................................................................................... 5
B. Saran................................................................................................... 5






DAFTAR GAMBAR



1.Gambar 2.1. alat peraga Pohon benda penjumlahan tematik.. 2

2.Gambar 2.2 alat dan bahan..................................................... 2

3.Gambar 2.3 langkah-langkah pembuatan alat......................... 2-5

















A.    Nama Alat Peraga                                   : Pohon Penjumlahan Benda Tematik
B.     Tujuan                                                     :
1.      Mengetahui cara pembuatan pohon Penjumlahan Benda Tematik
2.      Menumbuhkan minat siswa belajar.
3.      Memberikan rasa senang pada saat belajar.
C.    KD : Tema Lingkungan
Matimatika: penjumlahan hasil 1-10
IPA : Mengenal benda langit pada malam hari

D.    Manfaat  
Adapun manfaat yang dapat diterima adalah:
1.      Bagi siswa
a.        Meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika dan IPA
b.        Sesuai dengan karakteristik tunagrahita
c.        Sebagai alternatif meningkatkan cara berfikir logis, kritis, dan kreatif siswa belajar dan mengaktifkan  siswa Tunagrahita dalam pembelajaran
d.       Mudah digunakan
2.       Bagi guru
a.        Sebagai media utama untuk mengajar materi penjumlahan dan benda langit
b.        Memberikan pengetahuan tentang media yang bervariasi dalam meningkatkan pembelajaran di kelas.
3.       Bagi Lembaga
a.        Sebagai masukan positif  dan peningkatan kualitas pembelajaran bagi praktisi pendidikan dan seluruh pihak yang berkompeten dalam mengembangkan kurikulum di SLB.

E.     Deskripsi Produk
Pengertian dan Definnisi Pohon Penjumlahan Benda Tematik

Media pohon benda penjumlahan tematik dirancang berdasarkan kebutuhan anak dalam pembelajaran tema lingkungan, terbuat dari traplek bekas, kain pelanen bekas dan selotip, media ini menarik dan meransang anak untuk kereatif cocok bagi anak tunagrahita yang karakteristiknya suka pembelajaran sambil bermain.
Cara Membuat pohon penjumlahan benda Tematik
         Alat dan bahan
a.      Alat :adapun alat yang dibutuhkan adalah:
1.      gergaji
2.      Kater
3.      Pensil
4.      gunting

b.      Bahan :
1.      Traplek bekas
2.      Karton
3.      selotip
4.      kain planel bekas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar